Wajib Tahu! Perbedaan Cairan Pembersih Karbol dan Pembersih Lantai

Wajib Tahu! Perbedaan Cairan Pembersih Karbol dan Pembersih Lantai

Untuk upaya melindungi keluarga dari kuman dan bakteri, maka Anda wajib untuk memperhatikan kebersihan rumah. Utamanya lantai yang menjadi pusat kegiatan seluruh keluarga. Perlu diketahui, bahwa sebenarnya ada dua macam pembersih lantai yang memiliki fungsi berbeda. Yakni cairan pembersih karbol dan cairan pembersih lantai. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda di lantai yang diaplikasikan. Berikut perbedaan cairan pembersih karbol dan cairan pembersih lanntai .

  1. Fungsi

Dilihat dari fungsinya, cairan pembersih karbol digunakan untuk membersihkan seluruh bagian rumah yang kotor dan menjadi sarang kuman penyakit. Selain itu, karbol juga biasa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, kandang hewan, tempat sampah, dan apa pun yang memiliki bau tidak sedap dan banyak kuman.

Sementara cairan pembersih lantai digunakan untuk membersihkan lantai dari kotoran, membunuh kuman dan bakteri. Selain itu, juga merawat lantai agar selalu mengkilap, sehingga tidak hanya bersih tetapi juga sedap dipandang.

  • Aroma

Karena fungsinya yang berbeda, maka aroma yang menyertainya pun ikut berbeda. Seperti pada cairan pembersih lantai yang memiliki aroma yang segar tetapi lembut. Aroma ini dibuat demikian agar produk pembersih lantai ini bisa memberikan ketenangan kepada penghuninya.

Sementara cairan pembersih karbol memiliki aroma yang lebih menyengat dan tajam. Hal ini dikarenakan aroma karbol harus mampu menandingi aroma tidak sedap yang ada pada kandang hewan, kamar mandi, tempat sampah dan lainnya. Dengan begitu, aroma busuk yang sebelumnya merajai, akan hilang perlahan. 

  • Kandungan

Karbol terbuat dari sisa penyulingan getah pohon pinus yang disebut arpus. Bentuk arpus adalah seperti bongkahan dengan warna kuning kecokelatan. Karena karbol yang sudah dikomersilkan sudah melalui proses pengolahan, maka bentuknya menjadi cair dengan warna putih pekat, kehijauan atau cokelat susu.

Meski karbol diperuntukkan untuk lantai kamar mandi, tetapi jangan sekali-kali mengaplikasikannya langsung ke dalam toilet. Karena bahan kimia pada karbol akan membunuh bakteri yang ada pada septic tank. Jika bakteri ini mati, maka akan muncul aroma tak sedap. Karena bakteri septic tank berfungsi untuk membunuh bakteri E. Coli.

Selain itu, jangan pula gunakan produk pembersih toilet yang memiliki kandungan asam tinggi. Karena bisa menyebabkan aroma busuk dari septic tank keluar  dan bisa menjadi bakteri yang menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, gunakan cairan pembersih karbol pada tempat yang tepat, agar kuman penyakit tidak menyebar. Bukannya menjadi sehat dan wangi, tetapi malah menyebabkan terjangkitnya penyakit.